DATABASE&DBMS

      BASIS DATA

A. Pengertian Basis Data

Basis data atau istilah yang sering digunakan adalah database. Berasal dari dua kata: basis dan data. Basis bisa diartikan adalah sebuah markas, tempat menyimpan yang besar dan memiliki pengawasan khusus. Sedangkan data berawal mula dari kata datum(dalam bahasa yunani) yang berarti ‘fakta’. Hingga data bisa saja diartikan sebagai fakta yang terjadi dalam kehidupan. Dan fakta tersebut harus diolah agar fakta tersebut bisa jelas dan mudah diterima oleh sang penerima. Hingga bisa disimpulkan basis data data adalah sebuah tempat menyimpan fakta-fakta yang masih perlu diolah dan fakta-fakta tersebut terorganisasi dan tergolongkan.

B. Komponen-komponen Sistem Database

Komponen-komponen pembentuk system database adalah sebagai berikut :
a. Perangkat keras (Hardware)

Seperti computer,monitor,keyboard,memory,hard disk.

b. Sistem operasi (operating system)

Adalah program yang menjalankan seluruh aktivitas di dalam sistem computer. Contoh : Windows,Linux,Macintosh.

c. Data

Data sangat penting. Karena sebagai komponen yang akan bernilai informasi penting jika diolah.

d. Aplikasi

Penginteraksi antara user dengan computer dalam membuat database. DML(Data Manipulation Language) yang digunakan seperti Cobol,Bahasa C dll.

e. Pemakai (users)

Pencipta sekaligus yang membuat database.

      DBMS(DataBase Management System)

A. Definisi DBMS
Menurut Silberschatz (database System Concepts) DBMS adalah kumpulan data berisi informasi yang saling berhubungan dan kumpulan program untuk mengakses data.

B. Perusahaan DBMS
Salah satu perusahaan DBMS terbesar adalah Oracle corporation. Perusahaan ini merupakan perusahaan IT terbesar di dunia versi forbes. Oracle didirkan pada tahun 1977 oleh tiga orang programmer, Bob Miner, Ed Oates dan Larry Ellison yang menjabat sebagai CEO. Berawal dari ditemukannya Software Development Laboratories(SDL) tahun 1977 oleh Larry Ellison. Tahun 1979, kemudian bersama 2 temannya yang lain, mereka mengubah SDL menjadi RSI(Relation Software,Inc). RSI kemudian memperkenalkan produk Oracle versi 2 sebagai awal produk komersial relational database system. Versi ini tidak mendukung transaksi tapi menerapkan basic SQL untuk query dan joins. tahun 1983 RSI mungubah namanya menjadi Oracle corporation.

C. Pertamina sebagai Pengguna Software Oracle
Oracle Corporation membuat software database yaitu Oracle. Oracle merupakan software database yang paling banyak dipakai di perusahaan dunia saat ini. Termasuk PT. Pertamina. Pertamina sebagai satu-satunya perusahaan tambang minyak nasional Indonesia, sangat membutuhkan software database yang memiliki sistem yang luar biasa fungsinya. Yaitu Oracle. Alasannya mungkin adalah karena kemampuan dari software Oracle yang bisa menampung serta mengelola banyak data serta cepatnya mengakses data tersebut menjadi alasan utamanya. Kemudian sintaks SQL(Structure Query Language, yaitu bahasa query yang distandarisasi untuk meminta informasi dari sebuah basis data) yang hampir seluruhnya telah memenuhi standart ANSI-92 yang mempermudah programmer Pertamina untuk membangun sebuah database yang besar. Begitu juga untuk administrator, yang menanangani administrasi database serta bertanggung jawab terhadap keamanan database Pertamina. Karena Oracle lebih ‘establish’. Lalu yang terakhir. Alasan Pertamina menggunakan software Oracle adalah karena Oracle telah menyediakan fitur untuk mempartisi table, yang berfungsi agar table dapat dibagi menjadi beberapa kategori. Seperti table supplier,customer,dll. Ini digunakan agar Pertamina mampu memanajemen databasenya yang berukuran besar, sehingga menjadi database yang lebih terstruktur. Dan adanya Index yang lebih mempercepat serta mempermudah pencarian data di database.

D. Kesimpulan
Pada akhirnya, setiap DBMS yang digunakan oleh seluruh perusahaan di dunia memiliki keunggulan serta kelebihan bagi kemampuan perusahaan tersebut dalam membuat database perusahaan. Agar segala data-data dalam perusahaan tersebut aman,nyaman dan terjamin. Sehingga tidak terjadi disintegrasi atau pembocoran data-data seluruh perusahaan.

Saya hanturkan rasa terima kasih saya kepada Sumber-sumber Referensi penulisan saya ini. Yaitu:

• Ilmukomputercom
• Wikipedia.com
• ghanoz2480.wordpress.com/2008/02/21/apa-itu-basis-data/
• habeahan.wordpress.com/2008/04/16/apa-itu-database/
• kompetensi.darkbb.com/t13-sejarah-oracle
• teknolima.com/oracle-perusahaan-it-software-terbesar-di-dunia

Dan banyak lagi sumber-sumber referensi saya yang tidak bisa saya sebutkan karena keterbatasan saya.

One response to “DATABASE&DBMS

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s