PERKEMBANGAN UKM DI INDONESIA BAG. 1

Hai temans… Kali ini, saya akan menjelaskan tentang bagaimana perkembangan serta manfaat dari UKM itu sendiri. Serta hal-hal apa saja yang menghambat perkembangan UKM Indonesia. Berikkut saya jelaskan. Tolong dibaca ya… (n__n)

A.     Apa itu UKM??

Sebelum lebih jauh, apa sih itu UKM?? Usaha Kecil dan Menengah disingkat UKM merupakan sebuah istilah yang mengacu ke jenis usaha kecil yang memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp200.000.000 tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha. Dan usaha yang berdiri sendiri. Menurut Keputusan Presiden RI no. 99 tahun 1998 pengertian Usaha Kecil adalah: ³Kegiatan ekonomi rakyat yang berskala kecil dengan bidang usaha yang secara mayoritas merupakan kegiatan usaha kecil dan perlu dilindungi untuk mencegah dari persaingan usaha yang tidak sehat.´Kriteria usaha kecil menurut UU No. 9 tahun 1995 adalah sebagai berikut:

   1. Memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp. 200.000.000,- (Dua Ratus JutaRupiah) tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha-usaha

   2. Memiliki hasil penjualan tahunan paling banyak Rp. 1.000.000.000,- (Satu Miliar Rupiah)

   3. Milik Warga Negara Indonesia

   4. Berdiri sendiri, bukan merupakan anak perusahaan atau cabang perusahaanyang tidak dimiliki, dikuasai, atau berafiliasi baik langsung maupun tidaklangsung dengan Usaha Menengah atau Usaha Besar 

   5. Berbentuk usaha orang perorangan , badan usaha yang tidak berbadan hukum,atau badan usaha yang berbadan hukum, termasuk koperasi. 

Ada beberapa jenis usaha yang dapat didirikan. Di sini ada 3 jenis usaha, ketiga jenis usaha tersebut adalah :

           1.      Usaha Manufaktur 

(Manufacturing Business)

Yaitu usaha yang mengubah input dasar menjadi produk yang bisa dijual kepadakonsumen. Kalau anda bingung, contohnya adalah konveksi yang menghasilkan pakaian jadi atau pengrajin bambu yang menghasilkan mebel, hiasan rumah,souvenir dan sebagainya.

 

           2.      Usaha Dagang

(Merchandising Business)

 

 Adalah usaha yang menjual produk kepada konsumen. Contohnya adalah pusat jajanan tradisional yang menjual segala macam jajanan tradisional atau tokokelontong yang menjual semua kebutuhan sehari-hari.

 

           3.       Usaha Jasa

(Service Business)

 

Yakni  usaha yang menghasilkan jasa, bukan menghasilkan produk atau barang untuk konsumen. Sebagai contoh  adalah  jasa pengiriman barang atau warung internet (warnet) yang menyediakan alat dan layanan kepada  konsumen agar mereka bisa browsing, searching, blogging atau yang lainnya.

 

B.     Kenapa harus UKM?

 

Pembahasan selanjutnya adalah kenapa harus UKM yang menjadi salah satu yang menjadikan sebuah Negara maju atau tidaknya. Bagi Negara Indonesia sendiri, Pertumbuhan UKM di Indonesia telah membawa dampak baik bagi perkembangan ekonomi. Satu hal yang patut menjadi perhatian adalah rasio kredit bermasalah alias non performing loan (NPL).

 

Berdasarkan data dari Bank Indonesia (BI), NPL gross perbankan semester pertama tahun 2009 mampu menyentuh angka 4,5% namun segera turun menjadi 3,8% di akhir 2009. Associate Director Fitch Ratings Julita Wikana menyampaikan bahwa berdasarkan diskusi dengan perbankan, penyumbang NPL terbesar adalah sektor small medium enterprise (SME) alias usaha kecil menengah(UKM), lalu sektor kredit korporasi. Sedangkan NPL di sektor kredit konsumen tergolong stabil.Selain itu, UKM  juga memiliki pengaruh besar terhadap jumlah pendapatan Negara. Beberapa jenis UKM menjadi sumber devisa Negara, dengan kata lain UKM telah menjadi investasi bagi Negara. Terutama UKM dibidang pertanian dan kerajinan. Sektor pertanian di Indonesia telah menjadi salah satu komoditas yang besar bagi kebutuhan dalam negeri atau bahkan sebagai komoditas ekspor bagi Indonesia. Begitu pula dengan produksi kerajinan Indonesia, produksi kerajinan beberapa daerah di Indonesia tidak hanya laku di pasaran domestik saja,namun telah mampu merambah di pasar dunia khususnya Negara di Asia.  

Selain bermanfaat bagi pertumbuhan perekonomian Indonesia, tanpa disadari UKM juga mampu mengurangi angka pengangguran di masyarakat, sekaligus jugameningkatkan tingkat kesejahteraan masyarakat. Sebab banyaknya UKM yang berdiri telah mampu memperkerjakan jutaan tenaga kerja yang tadinya menjadi pengangguran. Dengan begitu, kesejahteraan masyarakat akan meningkat serta lebih terjamin.

 

Nah, demikian penulisan saya pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat.dan pada kesempatan selanjutnya, saya akan melanjutkan penulisan “Perkembangan UKM di Indonesia Bag. 2.” Sayonaraa…… ^ ^ v

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s